Microsoft Berencana Beli Yahoo Kembali?

San Francisco: Rumor mengenai rencana Microsoft yang bakal membeli kebali Yahoo mencuat ke media. Menurut The Wall Street Journal, Microsoft juga menggaet perusahaan ekuitas swasta, seperti Canada Pension Plan Investment Board dan Silver Lake Partners, untuk membeli Yahoo.

Seperti dikutip Mashable.com, Kamis (20/10), usaha akuisisi itu sudah termasuk uang bernilai miliaran dolar AS yang ditawarkan oleh Microsoft. Sementara, kedua perusahaan ekuitas swasta itu akan menambahkan sisanya untuk akuisisi yang seluruhnya akan
diurus oleh sebuah bank yang tak disebutkan namanya.

Micorosft dan rekan-rekannya itu ternyata bukan satu-satunya perusahaan yang mempertimbangkan ingin membeli Yahoo. Menurut The Wall Street Journal, ada sekitar sembilan perusahaan ekuitas swasta lainnya yang juga tengah mempelajari data pembelian potensial tersebut. Namun, pihak Yahoo atau Microsoft belum mau berkomentar mengenai hal tersebut.

Kabar ini juga muncul beberapa hari setelah Microsoft tengah mencari partner untuk membeli Yahoo. Microsoft ingin memiliki beberapa kontrol atas masa depan Yahoo. Tapi, Microsoft tidak percaya diri untuk berdiri sendiri, karena tawarannya sempat ditolak oleh Yahoo pada Januari 2008 lalu.

Dalam kesepakatan lalu itu, Microsoft mengajukan tawaran senilai US$ 44,6 miliar (setara dengan $ 31 per saham) untuk Yahoo, namun pembelian prospektif itu ditolak oleh manajemen Yahoo. Akibatnya, kedua perusahaan itu menyetujui kemitraan pencarian dan pemecatan CEO Yahoo Jerry Yang.(SHA)

0 komentar:

Posting Komentar