Microsoft Siapkan SQL Server 2012

Microsoft meluncurkan software SQL Server 2012 yang merupakanupdate dari lima seri SQL Server sebelumnya. Software database ini juga telah siap untuk teknologi cloud.

Product Marketing Manager Microsoft Indonesia, Meisari Arvini Hidayati menjelaskan, software server yang siap untuk cloud ini sebagai antisipasi "big data" yang terjadi belakangan ini dan tren di masa depan.

"Big data bisa menjadi peluang dan ancaman bagi pengguna. Untuk bisa mendorong pertumbuhan bisnis tersebut, diperlukan pengolahan data yang cepat baik yang didukung dari server maupun cloud," kata Meisari di Pad@28 Jakarta, Kamis (15/3/2012).

Bedanya, SQL Server 2012 ini memiliki fitur Breakthrough Insights yang mampu menganalisa sekitar 100 juta data dengan menggunakan PowerPivot, sebagai bagian dari Microsoft Excel.

Selain itu, juga ada fitur Power View untuk memberikan visualisasi data yang interaktif sehingga dapat diadopsi dengan mudah.

Dengan fitur itu, ratusan juta data yang ada di Excel bisa dikelola dengan mudah dan dapat disajikan dengan sederhana dalam sebuah chart.

Dengan adanya data yang sederhana dari gabungan pengolahan data yang besar, maka akan memudahkan untuk pengambilan keputusan bagi petinggi perusahaan.

"Biasanya bos tidak mau ribet melihat angka yang banyak. Dengan sistem pengolahan data di software ini, data bisa disajikan secara mudah dan cepat," jelasnya.

Selain itu, software ini juga memungkinkan bagi pengguna untuk menyimpan data di server ataupun di cloud. Untuk bisa dikonfigurasi di cloud, pengguna akan diberikan sinkronisasi data kecloud dengan mudah, baik di private cloud maupun public cloud.

"Tapi untuk cloud di Indonesia belum bisa digunakan karena masih terbentur masalah regulasi. Kebanyakan konsumen di Indonesia masih memakai server (fisik) saja," jelasnya.

Software SQL Server 2012 ini merupakan update dari SQL Server 7.0, 2000, 2005, 2008 dan 2008 R2. Software ini diluncurkan secara global mulai 7 Maret 2012.

"SQL Server 2012 akan tersedia di pasar mulai 1 April 2012," kata Edy.

Software ini ditujukan untuk semua segmen mulai dari Small Medium Enterprises (SME), corporate maupun enterprise. Untuk paket penjualannya ada tiga jenis yaitu Enterprise Edition yang dijual berdasarkan per core, Business Intelligent dan Standard Package yang dijual per server.

Harga dari software ini baru akan diumumkan pada 1 April mendatang.

Microsoft juga menjual paket software ini bundlling dengan hardware dari Hewlett Packard (HP) dan Dell secara global. Namun pada dasarnya, semua vendor PC juga dapat memakai sofware ini.

Hingga saat ini, klien global Microsoft SQL Server 2012 yaitu Volvo Car Corp, Revlon, Yahoo, BMW dan lain-lain. Sementara di Indonesia yang sudah memakai software ini adalah PT Adaro Energy Tbk.

0 komentar:

Posting Komentar