Microsoft Luncurkan Penerjemah Universal

Microsoft membuat sebuah penerjemah universal, yang bisa mengubah pidato bahasa Inggris menjadi 26 bahasa asing berbeda, dan berbicara sendiri dengan suara penggunanya.

Diwartakan Dailymail, Kamis (15/3/2012), software tersebut dibuat oleh Frank Soong dan Rick Rashid yang bekerja di markas Microsoft, di Redmond. Dengan perangkat lunak itu, yang harus dilakukan pengguna hanya bicara ke perangkatnya dan akan langsung mengubahnya.

Harapannya adalah bahwa perangkat tersebut suatu hari akan memungkinkan pengunjung negara-negara asing untuk melakukan percakapan dengan orang lain, meskipun mereka tidak berbicara bahasa yang sama.



"Kami akan bisa melakukan beberapa skenario aplikasi. Untuk pembicara satu bahasa yang sedang dalam perjalanan di negara asing, kita akan melakukan pengenalan suara diikuti oleh penerjemahan, kemudian diikuti oleh teks akhir yang keluar dalam bahasa berbeda, tetapi masih dalam suara penggunanya," tandas Soong.

Perangkat tersebut membutuhkan sekira satu jam untuk dapat terbiasa dengan suara seseorang, kemudian bekerja dengan membandingkan kata-kata yang telah dicatat untuk bisa menerjemahkannya ke bahasa tujuan.

Teknologi ini telah dirancang sedemikian rupa sehingga tidak hanya menerjemahkan kata-kata, yang akan mengeluarkan suara terkomputerisasi serta putus-putus. Sebaliknya suara itu secara hati-hati dimanipulasi untuk meniru pembicaranya serealistis mungkin

0 komentar:

Posting Komentar